Basic Colour Cast Correction

Model: Eno Sawadhi

Software: Adobe Photoshop CS5 on Apple Mac Pro

Ada banyak cara untuk mengkoreksi warna dengan Adobe Photoshop, salah satu cara yang paling dasar digunakan oleh  Julieanne Kost. Detail proses nya sebagai berikut:

1. Buka file RAW yang akan kita gunakan

2. Setelah kotak dialog Camera Raw terbuka, pilih white balance: “As Shot” kemudian klik Open.

3. Image yang tampil pada layar terkesan bluish, ini yang kita sebut dengan istilah color cast (kecenderungan salah satu warna pada image).

4. Pilih layer > new adjustment layer > threshold , aplikasi ini akan membagi image dalam 2 warna (hitam dan putih). Fungsi threshold disini hanyalah sebagai tool untuk membantu kita menemukan warna yang paling terang dan paling gelap pada gambar.

5. Geser terus slider threshold ke arah kiri, untuk menemukan titik paling gelap pada gambar. Kemudian zoom in hingga perbesaran 3500x untuk mendapatkan black point.

6. Press tombol “i” pada keyboard untuk mengganti move tool menjadi eyedropper tool.

7. Press dan hold tombol (Alt)+(Shift)+klik pada kotak pixel warna hitam yang tersisa untuk memberi perintah record colour info pada Photoshop. Lihat pada tab Info, akan muncul tanda #1 dengan informasi warna RGB pada titik paling gelap yang akan kita koreksi.

8. Untuk mencari titik paling terang,  ulangi kembali langkah no. 5-7 hanya kali ini geser terus slider threshold ke arah kanan. Kemudian zoom in hingga perbesaran 3500x untuk mendapatkan white point. Drag layer threshold ke trash karena kita sudah tidak membutuhkannya lagi, dan sekarang pada tab info seharusnya sudah seperti tampilan di bawah ini dengan tambahan #2 yang mewakili titik paling terang.

Pada #1 (warna gelap) kita bisa melihat bahwa diantara 3 channel, blue channel cukup mendominasi. Sedangkan #2 (warna terang) tidak ada channel yang dominan.

9. Press tombol “i” pada keyboard untuk mengganti move tool menjadi eyedropper tool, dan kini muncul target icon pada bagian image yang paling gelap/terang.

10. Pilih layer > new adjustment layer > level.

11. Double klik pada “set white point eyedropper“, dan masukkan angka 250 pada channel Red, Green dan Blue. Klik OK

12. Zoom-in 3500x pada area white-point kemudian klik target icon (eyedropper white point pada posisi aktif). Langkah ini untuk memberikan value channel yang baru di bagian yang paling terang, sehingga pada tab info kita bisa melihat value RGB yang baru.

13. Double klik pada “set black point eyedropper“, dan masukkan angka 10 pada channel Red, Green dan Blue. Klik OK

14. Zoom-in 3500x pada area black-point kemudian klik target icon (eyedropper white point pada posisi aktif). Langkah ini untuk memberikan value channel yang baru di bagian yang paling gelap, sehingga pada tab info kita bisa melihat value RGB yang baru.

15. Hasil before-after setelah kita mengkoreksi color cast dan membuat warna image lebih natural sebelum kita melangkah ke color adjustment berikutnya.

Note:

Jangan melakukan koreksi warna secara ekstrim pada langkah awal dan tetap detail oriented. Selamat mencoba😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s